Pengembangan Media Video Berbasis Kinemaster pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Kelas V

Penulis

  • Ikhda Nur Afinia Universitas Hasyim Asy'ari
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2864

Kata Kunci:

Learning video, Kinemaster, Space-building nets

Abstrak

Kegiatan pembelajaran melalui metode ceramah dengan bantuan buku paket perlu adanya perubahan agar siswa menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar. Salah satu cara untuk melakukan perubahan yaitu melalui pengembangan yang mengikuti era digital. Media yang dikembangkan berupa video pembelajaran berbasis kinemaster. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model penelitian jenis ADDIE. Pada jenis ADDIE ini terdapat 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada media video berbasis kinemaster sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dengan berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada validator ahli media memperoleh skor 95%. Hasil penilaian validator ahli materi memperoleh skor 90%. Untuk hasil angket respon siswa mendapat skor rata-rata 87,39%. Dari hasil penelitian tersebut dalam kategori sangat baik dan layak digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

Nur Afinia, I., & Nuruddin, M. (2023). Pengembangan Media Video Berbasis Kinemaster pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Kelas V. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 82–89. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2864 (Original work published 28 November 2023)

Terbitan

Bagian

Articles