Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 1 Di SDN Brudu

Penulis

  • Zumrotus Sholikhah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2863

Kata Kunci:

Model Connected, Hasil Belajar

Abstrak

Rata-rata Guru Sekarang masih ada yang masih memakai metode konvensional, untuk memakai model pembelajaran terpadu tipe Connected masih minim dalam menggunakan saat pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah model pembelajaran Terpadu Tipe Connected bisa meningkatkan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan apakah mempunyai pengaruh pada hasil belajar siswa tersebut, itu adalah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi treatment (perlakuan) rata-rata yang diperoleh siswa mendapatkan 55,26 dan setelah mendapatkan treatment mengalami kenaikan yaitu dengan hasil 91,25. Oleh karena itu thitung > ttabel atau 15,12 > 2,056 pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected terhadap hasil belajar siswa khususnya siswa kelas 4 SDN Brudu mengalami peningkatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Sholikhah, Z., & Dwi Rochmania, D. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 1 Di SDN Brudu. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 53–60. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2863

Terbitan

Bagian

Articles