Pengembangan Media Pop_Up Book Pada Materi Metamorfosis Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Rizqi Wulandari Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2861

Kata Kunci:

Model Pengembangan 4D (four-D), Pop-Up Book, Metamorfosis

Abstrak

Pembuatan media pop-up book untuk metamorfosis merupakan salah satu teknik yang dapat mempermudah proses pembelajaran di kelas. Penelitian tentang pengembangan media ini sebagian dimotivasi oleh permintaan akan perangkat pembelajaran yang inovatif dan ramah pengguna untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Tujuan peneliti mengembangkan media pop-up book adalah untuk: (a) Memahami proses pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi metamorfosis; (b) memahami kualitas pengembangan media pembelajaran pop-up book materi metamorfosis; dan (c) memahami implementasi pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi metamorfosis. Penelitian dan Pengembangan adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini (R&D). Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan 4D (four-D), yang meliputi empat langkah dalam proses pengembangan: define, design, develop, dan diffuse. Prosedur penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan model pengembangan 4D yang dimodifikasi peneliti. 88,98% ahli instrumen, materi, dan media dikonsultasikan selama proses penelitian untuk mengembangkan media pop-up book. Sebagai konsekuensi dari tahap implementasi, peneliti mendapatkan nilai rata-rata 94,18 persen berdasarkan tanggapan dari pendidik dan siswa. Selain itu, peneliti mendapatkan skor 92,82 persen berdasarkan rata-rata tahap validasi ahli dan implementasi, yang menunjukkan bahwa media yang dibuatnya memenuhi syarat sangat valid dan layak untuk diimplementasikan tanpa modifikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Wulandari, R., & Asmarani, R. (2023). Pengembangan Media Pop_Up Book Pada Materi Metamorfosis Kelas IV Sekolah Dasar. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2861

Terbitan

Bagian

Articles