Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Saintifik Sebagai Penguatan Karakter Kelas 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2858Kata Kunci:
pendidikan karakter, media komik digital, saintifikAbstrak
Pengembangan media komik digital sebagai upaya pemberian inovasi dan edukasi dalam pendidikan karakter pembelajaran materi keberagam agama didasari oleh beberapa kesenjangan, diantaranya: 1) ketidak pahaman siswa terhadap keberagaman agama yang ada di Indonesia, 2) kurangnya pemahaman siswa tentang toleransi, 3) cara guru dalam memberikan materi kebegaraman agama bersifat konvensional dan hanya mengandalkan dari buku, dengan adanya kesenjangan ini maka dilakukan pengembangan media komik digital dan implemntasi terhadap siswa SDN Kepanjen 2 Jombang.
Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, pengembangan bertujuan untuk meghasilkan media komik digital yang valid kepada siswa kelas II SDN Kepanjen 2 Jombang. Pengembangan media komik digital ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 tahapan dalam proses pengembangan yang sudah dilaksanakan dalam penelitian ini, yaitu 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Penilaian media komik digital dilakukan oleh ahli materi, ahli media, pendidik, serta siswa kelas II SDN Kepanjen 2 Jombang.
Hasil penelitian pengembangan media komik digital menunjukkan bahwa presentase yang diperoleh dari validator ahli materi, yaitu 85% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan, perolehan nilai dari validator ahli media, yaitu 91,25% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan namun masih ada revisi. Selanjutnya hasil uji coba pendidik, yaitu 91% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan. Hasil uji coba lapangan dilakukan dengan 20 siswa dengan perolehan presentase 88% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik digital layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.