Pengaruh Media Galiber Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Penulis

  • Dina Febriyani Universitas Hasyim Asy’ari
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2854

Kata Kunci:

Media Galiber, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai hasil pretest dan posttest ketika tidak menggunakan media ajar galiber pada pencapaian nilai belajar tematik. Serta untuk menggambarkan pengaruh pemanfaatan media galiber pada pencapaian belajar tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe Pre-Eksperimental Design. Dilaksanakann di SDIT As-sakienah Tugu Sliyeg Indramayu. Sampel pada penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu 24 siswa kelas IV meliputi 12 perempuan dan 12 laki-laki. Diatur pembagian menjadi dua pertemuan, pada pertemuan pertama peserta didik pada proses pembelajaran menggunakan metode konvesional, kemudian untuk pertemuan selanjutnya proses pembelajaran  menggunakan media galiber. Perangkat pada penelitian ini adalah tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data mencangkup: (1) Uji Normalitas dan (2) Uji Hipotesis atau Uji-T, pengenalisisan data ini memakai analisis deskriptif serta analisis statistika inferensial atas kontribusi PC melalui IBM SPSS STATISTICS 25. Hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwasanya ketrampilan menangkap materi tematik setelah memanfaatkan media galiber di kelas IV SDIT As-sakienah membuktikan bahwa ada pembeda yang signifikan yakni < 0,001yang semakin sedikit dari signifikasi 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis (H1) pada penelitian ini dinyatakan diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

Febriyani, D., & Siswanto, M. B. E. (2023). Pengaruh Media Galiber Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 112–118. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2854 (Original work published 28 November 2023)

Terbitan

Bagian

Articles