Pengaruh Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Kelas 5 SDN Sukorejo 1

Penulis

  • Miftahul Jannah Universitas Hasyim Asy’ari
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2853

Kata Kunci:

Pengaruh, Reciprocal Teaching, Hasil Belajar

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reciprocal teaching pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDN 1 SUKOREJO. Dalam hal ini mengacu pada buku tema 7 peristiwa dalam kehidupan  subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan pembelajaran 1 . adapun permasalahan dalam pendidikan adalah pembelajaran yang kurang aktif dan membosankan dengan model pembelajaran penugasan sehingga siswa kurang tertarik dan mengabaikannya. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus berinovasi dalam memberikan model pembelajaran pada setiap harinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat menghidupkan kelas yaitu salah satunya model reciprocal teaching. Riset ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe pre eksperimental design. Subjek penelitian ini yaitu 25 siswa-siswi kelas 5 SDN SUKOREJO 1. Instumen dalam uji ini yakni uji dasar pre-test dan uji akhir menggunakan post-post test Pengecekan data dalam investigasi ini menggunakan investigasispellbinding serta inferensial terukur dengan dorongan program SPSS( Factual Bundle For Sociology). hasil penelitian yakni menguasai kemampuan siswa pada pembelajaran tematik sebelum menggunakan model reciprocal teaching serta sesudah digunakannya model reciprocal teaching. Dalam hal ini pengaruh penelitian cukup besar setara dengan 0,000 < 0,05 dengan tujuan bila H0 ditolak serta H1 diakui. Adapun , maksudnya dalam penelitian ini model pembelajaran reciprocal teaching mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema 7 subtema 2 pb 1 kelas 5 SDN SUKOREJO 1 .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Jannah, M., & Siswanto, M. B. E. (2023). Pengaruh Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Kelas 5 SDN Sukorejo 1. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 11–19. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2853

Terbitan

Bagian

Articles