Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.2850Kata Kunci:
Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest untuk metodologi penelitiannya. Sampel penelitian ini berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran. Validitas tes ditentukan dengan menggunakan validitas konstruk. Untuk menilai validitas konstruk, penilaian ahli dapat digunakan. Setelah dilakukan pengujian hipotesis, ditentukan bahwa pada saat t hitung = 13,876 dan t tabel = 2,042, t (hitung) > t tabel, atau 13,876 > 2,042. Akibatnya, kita dapat mengatakan bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak. Akibatnya model Cooperative Script berpengaruh terhadap hasil belajar di Indonesia. Sementara faktor internal dan eksternal dapat berkontribusi pada hasil belajar siswa yang buruk, faktor eksternal lebih umum. Model Cooperative Script telah meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang, sesuai dengan temuan penelitian yang diuraikan di atas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Moch Ainur Rofiki, Desty Dwi Rochmania
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.