Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang

Penulis

  • Moch Ainur Rofiki Universitas Hasyim Asy'Ari
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.2850

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest untuk metodologi penelitiannya. Sampel penelitian ini berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran. Validitas tes ditentukan dengan menggunakan validitas konstruk. Untuk menilai validitas konstruk, penilaian ahli dapat digunakan. Setelah dilakukan pengujian hipotesis, ditentukan bahwa pada saat t hitung = 13,876 dan t tabel = 2,042, t (hitung) > t tabel, atau 13,876 > 2,042. Akibatnya, kita dapat mengatakan bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak. Akibatnya model Cooperative Script berpengaruh terhadap hasil belajar di Indonesia. Sementara faktor internal dan eksternal dapat berkontribusi pada hasil belajar siswa yang buruk, faktor eksternal lebih umum. Model Cooperative Script telah meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang, sesuai dengan temuan penelitian yang diuraikan di atas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Rofiki, M. A., & Rochmania, D. D. (2024). Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Ngudirejo 1 Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 205–209. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.2850

Terbitan

Bagian

Articles