Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPS Pada Siswa Kelas 4
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2844Kata Kunci:
pengaruh, model discovery learning, hasil belajarAbstrak
terhadap hasil belajar siswa kelas 4 di SDN GempolLegundi Gudo Jombang. Metode penelitian pendekatan kuantitif dengan jumlah sampel yaitu 35 responden dengan cara teknik nonprobability sampling dengan tipe sampling total. Dalam penelitian ini dilakukan sebnayak dua kali pertemuan pertama tidak diberi perlakuan dan pada pertemuan ke dua diberikan treatmen (perlakuan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi penelitian dan dianalisis statistik dengan berbantuan sofware SPSS 26. Dari hasil penelitian ditemukan adanya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. dari perhitungan SPSS 26 yang menujukan adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS di SDN GempolLegundi Gudo Jombang dari perghitungan diperoleh thitung (9,399) ttabel (0,3338) sehingga H0 ditolak dn H1 diterima Meean rata-rata dari pretest adalah 60,00 dengan jumlah sampel yang dipakai 18 dan posttest adalah 80,29 dengan jumlah sampel yang dipakai 17. Dapat dilihat pada tabel tersebut bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 atau lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini mengartikan adanaya pengaruh dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-11-28 (2)
- 2023-11-28 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.