Development of Flashcard Media On Indonesia for Studen At Grade 2 Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2837Kata Kunci:
Flashcard, Indonesian Spelling, Ejaan Bahasa IndonesiaAbstrak
Media pembelajaran menjadi benda yang amat esensial pada proses belajar mengajar. Penelitian ini mengembangkan suatu produk alat bantu ajar flashcard EBI dengan memuat materi Ejaan Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan suatu produk alat bantu ajar flashcard EBI yang valid, menarik, dan efektif selama kegiatan belajar mengajar di SDN Ceweng. Penelitian ini melibatkan 17 siswa SDN Ceweng pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. hasil penelitiani ini menunjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh nilai presentase 86,76% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan; (2) hasil kevalidan materi memperoleh nilai presentase 82,35% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan; (3) hasil implementasi yang menarik, yaitu 89,82% dengan kategori sangat menarik. Berlandaskan nilai perolehan tersebut, maka media flashcard EBI dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Flashcard, Ejaan Bahasa Indonesia