Development of Flashcard Media On Indonesia for Studen At Grade 2 Elementary School

Penulis

  • Nova Adelia Febriani UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2837

Kata Kunci:

Flashcard, Indonesian Spelling, Ejaan Bahasa Indonesia

Abstrak

Media pembelajaran menjadi benda yang amat esensial pada proses belajar mengajar. Penelitian ini mengembangkan suatu produk alat bantu ajar flashcard EBI dengan memuat materi Ejaan Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan suatu produk alat bantu ajar flashcard EBI yang valid, menarik, dan efektif selama kegiatan belajar mengajar di SDN Ceweng. Penelitian ini melibatkan 17 siswa SDN Ceweng pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. hasil penelitiani ini menunjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh nilai presentase 86,76% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan; (2) hasil kevalidan materi memperoleh nilai presentase 82,35% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa perbaikan; (3) hasil implementasi yang menarik, yaitu 89,82% dengan kategori sangat menarik. Berlandaskan nilai perolehan tersebut, maka media flashcard EBI dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Flashcard, Ejaan Bahasa Indonesia

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Febriani, N. A., & Asmarani, R. (2023). Development of Flashcard Media On Indonesia for Studen At Grade 2 Elementary School. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2837

Terbitan

Bagian

Articles