Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 01 Sri Basuki Way Kanan Tahun2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.2818Kata Kunci:
Dukungan Orang Tua, Hasil Belajar, IPSAbstrak
Dalam pembelajaran IPS di tingkat pendidikan dasar seperti Sekolah Dasar (SD), interaksi sosial yang baik dan saling mendukung antara orang tua dan anak sangat dibutuhkan. Namun, masih banyak orangtua yang kurang memberikan dukungan maupun bimbingan belajar terhadap anaknya hingga anak mereka tidak mendapatkan hasil belajar yang pantas seperti apa yang diharapkannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antara hubungan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 01 Sri Basuki Way Kanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas V SD Negeri 01 Sri Basuki tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus “Korelasi Product Momentâ€. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel, maka hipotesis yang diajukan peneliti diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri 01 Sri Basuki Way Kanan.
Keywords: Dukungan Orang Tua, Hasil Belajar, IPS
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anim Mustofia Ningrum, Emy Yunita Rahma Pratiwi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.