The Influence Of Problem-Based Learning Models On Mathematics Learning Outcomes For Grade IV SDN Kedungotok

Penulis

  • Tita Yuliani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2813

Kata Kunci:

Buku Penghubung, Kedisiplinan Belajar

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika tergolong rendah. Dibutuhkan model pembelajaran yang bisa membantu siswa untuk menyelesaikan pemecahan masalah dalam matematika, yaitu diterapkan model pembelajaran berbasis masalah atau PBL. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungotok Tembelang Jombang. Penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental desaign. Populasinya seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa, sampel yang diambil terdiri dari satu kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling tipe sampling total, penelitian ini dilakukan dua kali pertemuan, pertemuan pertama siswa diberikan pembelajaran tidak menggunakan model PBL, pertemuan berikutnya siswa diberikan pembelajaran menggunakan model PBL. Instrument penelitian ini pre-test dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian disimpulkan: (1) kemampuan memahami materi keliling dan luas bangun datar sebelum  menggunakan model PBL pada siswa kelas IV SDN Kedungotok Tembelang siswa memperoleh nilai rata-rata 49,33. (2) kemampuan memahami materi keliling dan luas bangun datar sesudah menggunakan model PBL pada siswa kelas IV SDN Kedungotok Tembelang memperoleh nilai rata-rata 89,56. (1) pengaruh pembelajaran matematika keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SDN Kedungotok menunjukkan terdapat pengaruh signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan  menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan antar kemampuan siswa memahami materi keliling dan luas bangun datar sebelum dan sesudah menggunakan model PBL.

Kata Kunci : Pengaruh , hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Yuliani, T., Rahma Pratiwi, E. Y., & Susilo, C. Z. (2022). The Influence Of Problem-Based Learning Models On Mathematics Learning Outcomes For Grade IV SDN Kedungotok. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(1), 167–173. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2813

Terbitan

Bagian

Articles