The Effect of Inquiry Learning Model of Student’s Learning Outcomes in Science Materials about Style at Grade IV SDN Mentaos Gudo Jombang

Penulis

  • Ines Stesia Ramadani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Desty Rochmania Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2789

Kata Kunci:

pengaruh, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar.

Abstrak

Pendidikan adalah faktor terpenting dalam menentukan masa depan seseorang. Sama halnya dengan membantu siswa berpikir kritis, salah satu faktor penyebab hasil belajar yang rendah adalah proses belajar yang kurang tepat. Pembelajaran tematik pada materi IPA tentang gaya yang dilakukan pendidik dikelas IV SDN Mentaos dengan menggunakan ceramah, diskusi, latihan soal yang cenderung teacher center mengakibatkan siswa merasa jenuh, bosan bahkan cenderung tidak menyukai materi yang diajarkan dan siswa menjadi tidak semangat dalam belajar. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan kesempatan siswa untuk bisa berpikir kritis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, karena dengan model inkuiri ini siswa akan terlibat secara langsung untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan melakukan eksperimen, sehingga pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran juga lebih kuat dan berarti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA tentang gaya kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian One Group Pre Test-Post Test Design.. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas dan uji-t dengan bantuan software SPSS (Statistical Package For Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran materi IPA tentang gaya siswa kelas IV SDN Mentaos Gudo Jombang dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan yang menunjukkan 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Yang berarti, pada penelitian ini variabel penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Ramadani, I. S., & Rochmania, D. (2022). The Effect of Inquiry Learning Model of Student’s Learning Outcomes in Science Materials about Style at Grade IV SDN Mentaos Gudo Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2789

Terbitan

Bagian

Articles