Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasisi Kinemaster Pada Materi Gaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2775Kata Kunci:
Video animasi, kinemaster, Berpikir kritisAbstrak
Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendididkan saat ini yakni bukan hanya tentang rendaahnya pemakaian media pembelajaran dalam mengajar, namun lebih kepada proses kegiatan pembelajaran yang menjadi permasalan utama yang muncul saat ini. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni Untuk Mengetahui proses pengembangan, mengetahui kualitas serta pengimplementasian media pembelajran video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV SD Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan atau (R & D). Model pengembangan yang dipakai dalam penelitian dengan pendekatan ADDIE. Adapun tahapan-tahapan dalam model ADDIE menurut (Sugiono, 2015, p. 200) yakni terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Didasarkan pada hasil penilaian validator, media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster memperoleh hasil yang sangat valid dengan nilai rata – rata 94 % . Hasil implementasi media pembelajaran video animasi pada siswa adalah 93 %, yang dapat dikategorikan dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Video animasi, kinemaster, Berpikir kritis
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 IJPSE : Indonesian Journal of Primary Science Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.