The The Ideal Construction of MI/SD Curriculum Designs: Interpretation and Implementation

Interpretation and Implementation

Penulis

  • Tri Wibowo Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.2000

Kata Kunci:

Konstruksi, Desain Kurikulum, Pendidikan Dasar (MI/SD)

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk menggambarkan dan menguraikan secara mendalam terkait konstruksi ideal desain kurikulum yang dapat diimplementasikan pada jenjang pendidikan dasar (MI/SD). Merujuk pada data yang diperoleh, peneliti mendapati berbagai permasalahan terkait desain kurikulum yang diterapkan di jenjang pendidikan dasar (MI/SD) berupa belum siapnya pendidik mengembangkan kurikulum terbaru (Kurikulum 2013), minimnya role model desain kurikulum yang ideal sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat, serta terlalu cepat dan terburu-burunya perubahan desain kurikulum yang dimotori pemerintah (Kemdikbud) tanpa memperhatikan kesanggupan lembaga pendidikan dalam menerima kurikulum terbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis riset kualitatif berkategori studi pustaka. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis konten. Riset ini berkontribusi dalam menghasilkan konsepsi dan praksis terkait dengan konstruksi ideal desain kurikulum di jenjang pendidikan dasar (MI/SD) berupa proses implementasi desain kurikulum ideal yang terdiri atas kegiatan penentuan hal substantif tujuan pembelajaran, pengidentifikasian domain-domain tujuan pembelajaran, pengidentifikasian gaya belajar peserta didik, penentuan desain kurikulum yang relevan, penyiapan desain kurikulum secara tentatif, serta pengidentifikasian persyaratan implementasi kurikulum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-24

Cara Mengutip

Wibowo, T. (2022). The The Ideal Construction of MI/SD Curriculum Designs: Interpretation and Implementation: Interpretation and Implementation. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(2), 48–57. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.2000

Terbitan

Bagian

Articles