Teacher Problems In Implementing Online Learning During The Covid-19 Pandemic Period (Case Study In Class V at SDN Karangan II Sub District, Jombang Regency)
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.1879Kata Kunci:
Problematika, Pembelajaran DaringAbstrak
Dalam penelitian ini membahas masalah Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dairng (Studi Kasus Pada Kelas V di SDN Karangan II Kecamatan Bareng Kab. Jombang). Penggunaan Teknik dalam Penelitian ini adalah wawncara, observasi dan dokumentasi.. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data perlu di cek keabsahannya dengan cara menggunakan triangulasi sumber dtaa dan triangulasi metode. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring (Online) pada kelas V selama masa pandemic covid-19, problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas V, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika guru dalam pelaksaan pembelajaran daring pada kelas V. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) pada proses pembelajaran daring pada kelas V di SDN Karangan II sudah berjalan dengan baik. Guru melakukan proses pernecanaan ( RPP, smartphone, buku dan media lainnya), pelaksanan serta evaluasi dengan cara pemberian tugas dan memeriksa tugas yang dirimkan siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui WhatsApp dan merekapnya di buku penilaian. (2) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas V di SDN Karangan II diantaranya kurangnya fasilitas yang memadai, guru yang kurang berkompeten dalam memanfaatkan teknologi informasi, serta kedisplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. (3) Upaya untuk menghadapi problematika yang muncul pada saat pembelajaran daring yaitu melengkapi atau berusaha melengkapi fasilitas yang di rasa kurang meningkatkan kompetensi guru, memebri bimbingan dan pendampingan siswa secara berkelompok dalam skala kecil.