The Effect of Using Video Power Director Learning Media on Student Learning Outcomes in Class VI SD

Penulis

  • Lu'lu'atul Mabruroh Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1853

Kata Kunci:

Power director video media, Learning outcomes

Abstrak

Upaya dalam peningkatan hasil belajar adalah dengan cara pembenahan dalam bentuk media pembelajaran yang inovatif. Menggunakan media pembelajaran saat proses belajar mengajar dapat membantu guru untuk memperjelas penyajian materi agar bersifat verbalitas serta memberikan rangsangan dan membagkitkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menggunakan video Power Director pada materi nama ibu kota dan mata uang negara ASEAN tema selamatkan makhluk hidup kelas VI di UPT SD Negeri 317 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode True- Eksperimental Design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data dilakukan dua kali pertemuan. Diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian dengan membagi Siswa kelas VI menjadi dua kelas yaitu VI A sebagai kelas kontrol dan VI B sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video Power Director siswa diberikan Pre-Test dan Post-Test. Pre test diberikan kepada siswa sebelum diberikan perlakuan pada awal pembelajaran sedangkan post test diberikan setelah memperoleh perlakuan pada akhir pembelajaran. Dari hasil uji hipotesis juga menyatakan bahwa diterima dengan hasil (3,042) > (2,262), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Video Power Director berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tematik tema selamatkan makhluk hidup kelas VI di UPT SD Negeri 317 Gresik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-24

Cara Mengutip

Mabruroh, L., & Siswanto, M. B. E. (2022). The Effect of Using Video Power Director Learning Media on Student Learning Outcomes in Class VI SD. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1853

Terbitan

Bagian

Articles