Pengembangan Media Pembelajaran Profkids Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1819Kata Kunci:
Media Pembelajaran Prokids, Sistem Pencernaan, Pembelajaran IPA, Model pengembangan SugiyonoAbstrak
Media Pembelajaran merupakan satu diantara komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media digital yang berbasis andorid berisiskan materi IPA tentang sistem pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Profkids yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran di SDN 1 Mojowarno. Subjek penelitian adalah 30 siswa SDN 1 Mojowarno semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang memodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall (2015:409). Hasil penelitian ini mennjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh rata-rata sebesar 84,13% dari validasi ahli media, materi, desain pembelajaran, dan bahasa dengan kategori sangat valid; (2) hasil implementasi yang prastis yaitu 83,33% dengan kategori sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi; (3) hasil kualitas media berdasarkan tes angket respon siswa 92,6% pada kategori sangat menarik, sehingga media pembelajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Profkids yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.