Inculcating Pancasila Values Through Pop Up Storybook Thematic Learning Strategies in Grade 2 SDN Sidokerto 2

Penulis

  • Sri Wulandari Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1818

Kata Kunci:

Nilai Pancasila, Tematik, Pop Up Storybook

Abstrak

Proses penanaman nilai Pancasila melalui Strategu pembelajaran Tematik Pop Up Storybook siswa kelas 2 di SDN Sidokerto II terlihat siswa lebih menyenangkan dan siswa menjadi interaktif bertanya karena media yang digunakan juga menarik dan membuat siswa penasaran sehingga lebih membuat fokus pada proses pembelajaran. Dengan adanya penanaman nilai pancasila yang terselip dalam proses pembelajaran siswa mampu mengetahui dan dapat mengikuti serta melaksanakan kegiatan yang mencerminkan nilai pancasila dengan bimbingan dari guru. Nilai yang pertama adalah nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan yang maha esa ditunjukkan dengan Siswa berdoa sebelum mengawali dan mengakhiri pembelajaran, Berdoa sebelum makan dan minum, melakukan sholat wajib dan sunnah, mengikuti acara keagamaan seperti Maulid nabi, Isra’ Mi’raj, dll. Selain itu nilai Sila yang kedua yaitu ditunjukkan dengan saling membantu dan menolong dalam tugas piket / membersihkan ruang kelas, bermain bersama tanpa membedakan, menjenguk teman yang sakit, menggalangkan iuran untuk diberikan pada teman yang terkena musibah. Sila yang ketiga yaitu Persatuan Indonesia ditunjukkan dengan mencintai tanah air yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, menjaga hubungan baik dengan teman. Sila keempat misalnya ada yang berkelahi, menentukan piket bersama dan memilih pengurus kelas secara demokrasi dan menerima semua hasil keputusan yang sudah disepakati bersama wali kelas. Sila kelima yakni ditunjukkan dengan menjalankan tugas piket secara adil bergotong-royong membersihkan kelas, saling membantu dan menolong antar teman, menghormati hak teman, menghargai hasil karya teman. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa proses penanaman nilai Pancasila dapat di selipkan pada pembelajaran tematik melalui media Pop Up Storybook siswa kelas 2 di SDN Sidokerto II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-24

Cara Mengutip

Wulandari, S., & Fitra Raharja, H. . (2022). Inculcating Pancasila Values Through Pop Up Storybook Thematic Learning Strategies in Grade 2 SDN Sidokerto 2. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(2), 11–16. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1818

Terbitan

Bagian

Articles