Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas 2 A SDN Bareng III Dengan Menggunkan Model Pembelajaran Daring

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1814

Kata Kunci:

model pembelajaran, pembelajaran daring, karakter disiplin

Abstrak

Keadaan dunia yang sedang tidak menentu disebabkan pandemik yang sedang melanda baik masyarakat dunia secara umum maupun masyarakat Indonesia secara khusus, hal ini juga sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar di Indonesia. Hal yang dinilai lebih penting selama pembelajaran daring berlangsung yakni pembentukan karakter disiplin yang harus ditanamkan pada diri peserta didik dalam kondisi apapun. Agar kegiatan pembelajaran tetap berlangsung pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran daring dalam upaya membentuk karakter disiplin pada peserta didik dimasa pandemik Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran daring, (2) mendeskripsikan metode pembelajaran daring. (3) mendeskripsikan peran orang tua dalam proses pembelajaran daring, (4) serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring, dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas 2 A SDN Bareng III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mangandung pengertian bahwa penelitian dilakukan pada keadaan alamiah sehingga metode ini merupakan metode penelitian naturalistik. Berdasarkan hasil temuan peneliti selama melakukan penelitian dilapangan dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) Proses belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran daring. (2) Metode pembelajaran yang digunakan guru dengan menggunakan metode penugasan dan beberapa materi maupun penanaman karakter disiplin dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berupa video dan gambar. (3) Peran orang tua dinilai sangat penting. (4) Kelebihannya peserta didik menjadi lebih dekat dengan orang tuanya dan lebih mengerti aturan-aturan yang ada di dalam rumah. Sedangkan kekurangannya peserta didik menjadi malas dalam belajar maupun memahami materi pembelajaran dan tidak dapat membagi waktu antara belajar dan bermain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-24

Cara Mengutip

Hasanah, I., & Yunita Rahma Pratiwi, E. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas 2 A SDN Bareng III Dengan Menggunkan Model Pembelajaran Daring. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1814

Terbitan

Bagian

Articles