The Effect of Cooperative Learning Model Type of Co-op Co-op on Mathematics Learning Outcomes for Class IV
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1808Kata Kunci:
Influence, Cooperative learning model of co-op co-op type, Learning outcomesAbstrak
Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis Pre Eksperimental Design. Dalam ujian ini, ada dua pertemuan dimana siswa pertemuan pertama diberikan pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran model cooperative learning tipe co-op co-op sedangkan pada pertemuan kedua siswa diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran model cooperative learning tipe co-op co-op. Instrumen dalam ujian ini adalah tes dasar (pre-test) dan tes akhir (post-test). Pemeriksaan informasi dalam investigasi ini menggunakan investigasi spellbinding dan inferensial terukur dengan bantuan program SPSS (Factual Bundle For Sociology).
Akibat dari ujian ini adalah kemampuan untuk memahami materi seputar rusuk dan ruang bangun-bangun persegi dan persegi sebelum menggunakan model pembelajaran pada umumnya diurutkan sebagai media dan setelah pemanfaatan model pembelajaran tersebut dilakukan secara maksimal. bagian diatur sebagai terampil atau tinggi. Untuk situasi ini ada dampak pembelajaran yang sangat besar yang setara dengan 0,000. Nilai yang besar ini menunjukkan 0,000 < 0,05 dengan tujuan bahwa H0 ditolak dan H1 diakui. Artinya, dalam penelitian ini pemanfaatan model pembelajaran membantu tipe komunitas sentra berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan terdapat pengaruh yang besar antara kemampuan siswa dalam memahami materi tentang bangun ruang dan sisi persegi dan bangun ruang sebelumnya. memanfaatkan model pembelajaran yang ramah lingkungan. pengoperasian dan selanjutnya memanfaatkan model pembelajaran yang menyenangkan semacam community center untuk siswa kelas 4 SD Selain Pesantren Al-Anwar Paculgowang.