The Influence of Thematic Monopoly Media on Learning Outcomes on The Theme of Technology Development of Third Grade
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1803Kata Kunci:
The effect of thematic monopoly media, Learning outcomes, Technological development themeAbstrak
Penelitian ini membahas tentang media monopoli tematik kepada hasil belajar pada tema perkembangan teknologi kelas III SD Islam Al Washoya Jombang yang brtujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar dalam tema perkembangan teknologi peserta didik kelas III SD Islam Al Washoya tanpa menggunakan media monopoli tematik. (2) Untuk mengetahui hasil belajar dalam tema perkembangan teknologi peserta didik kelas III SD Islam Al Washoya dengan menggunakan media monopoli tematik. (3) Guna mengetahui ada perbedaan rata-rata hasil belajar tematik diantara siswa yang belajar memakai media monopoli tematik terhadap siswa yang belajar tanpa memakai media monopoli kelas III SD Islam Al Washoya. Pada penelitian ini ialah jenis penelitian “Quasy eksperiment†menggunakan desain “non-equivalent control group desainâ€. Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas III SD Islam Al Washoya yang mempunyai jumlah 16 peserta didik. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas III yang mempunyai jumlah 16 siswa yakni 8 peserta didik selaku kelas konrol serta 8 peserta didik selaku kelas eksperimen. Berlandaskan dari hasil analisis deskriptif didapatkan nilai rerata kedua kelompok itu yakni kelas kontrol hasil nilai pretest sejumlah 68,13 serta post test sejumlah 66,88, sementara itu di kelas eksperiment hasil nilai pretest sejumlah 66,88 dan nilai posttest sejumlah 91,88. Hasil analisis statistic inferensial dipdapatkan nilai Sig. (2-tailed) < α ataupun (0,000 < 0,05). Dengan begitu bisa diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan rerata hasil belajar siswa kelas III SD Islam Al Washoya yang diajarkan memakai media monopoli tematik serta yang tidak diajarkan memakai media monopoli tematik.