The Effect of An Animated Videos in Social Studies Learning Toward Creative Thinking of Fourth Grader Elementary Students
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1782Kata Kunci:
Animated videos, Creative thinkingAbstrak
Pendidikan merupakan suatu hal yang permanen dalam kehidupan semua orang. melalui Pendidikan manusia menjadi lebih baik, hal ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Pendidikan telah mewarnai kehidupan manusia dari awal hingga akhir. Sama halnya dengan membantu siswa agar bisa berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi dalam pembelajaran IPS terhadap berpikir kreatif siswa kelas IV SD pada materi keragaman rumah adat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain one group pre test post test. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV sebanyak 21 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa hasil pre test sebelum diberikan perlakuan nilai paling rendah yaitu 40 dan nilai tertinggi yaitu 80 dengan nilai rata-rata 57,14 sedangkan untuk post test setelah diberikan perlakuan nilai paling rendah yaitu 70 dan nilai tertinggi yaitu 96 dengan nilai rata-rata 81,04. Jadi, terdapat peningkatan setelah belajar menggunakan video animasi. Dalam hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap berpikir kreatif siswa kelas IV tingkat SD.
Kata Kunci: Animasi, Berpikir kreatif