The Effect of An Animated Videos in Social Studies Learning Toward Creative Thinking of Fourth Grader Elementary Students

Penulis

  • Ela Narsiti Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1782

Kata Kunci:

Animated videos, Creative thinking

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu hal yang permanen dalam kehidupan semua orang. melalui Pendidikan manusia menjadi lebih baik, hal ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Pendidikan telah mewarnai kehidupan manusia dari awal hingga akhir. Sama halnya dengan membantu siswa agar bisa berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi dalam pembelajaran IPS terhadap berpikir kreatif siswa kelas  IV SD pada materi keragaman rumah adat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain one group pre test post test. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV sebanyak 21 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa hasil pre test sebelum diberikan perlakuan nilai paling rendah yaitu 40 dan nilai tertinggi yaitu 80 dengan nilai rata-rata 57,14 sedangkan untuk  post test  setelah diberikan perlakuan nilai paling rendah yaitu 70 dan nilai tertinggi yaitu 96 dengan nilai rata-rata 81,04. Jadi, terdapat peningkatan setelah belajar menggunakan video animasi. Dalam hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap berpikir kreatif siswa kelas IV tingkat SD.

Kata Kunci: Animasi, Berpikir kreatif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-24

Cara Mengutip

Narsiti, E., & Fitra Raharja, H. (2022). The Effect of An Animated Videos in Social Studies Learning Toward Creative Thinking of Fourth Grader Elementary Students. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(2), 17–21. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1782

Terbitan

Bagian

Articles