Pengaruh Storytelling Terhadap Berbicara Siswa Subtema 3 Bahasa Indonesia Kelas V SDI Al-Washoya Ngoro Jombang

Penulis

  • Wahyu Widyaningrum Universitas Hasyim Asy'ari
  • Kamidjan Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1301

Kata Kunci:

The storytelling learning model, Speaking skill

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa pada subtema 3 kompetensi Bahasa Indonesia kelas V di SD Islam Al-Washoya Ngoro Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian ini menggunakan one grup pre-tes dan post-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDI Al-Washoya Ngoro Jombang yang berjumlah 15 orang. Adapun sampel yang dipergunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa yang akan dijadikan kelas eksperimen dan akan diberi model storytelling. Berdasarkan output data menampakkan keterangan hasil pre-tes maupun post-tes keterampilan dalam berbicara siswa memakai model pembelajaran storytelling kelas lima SDI Al-Washoya Ngoro Jombang diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menggambarkan pengaruh dari metode Storytelling pada keterampilan bicara siswa Kelas V SDI Al-Washoya Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2019-2020.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-26

Cara Mengutip

Widyaningrum, W., Kamidjan, & Fitra Raharja, H. (2021). Pengaruh Storytelling Terhadap Berbicara Siswa Subtema 3 Bahasa Indonesia Kelas V SDI Al-Washoya Ngoro Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(2), 67–72. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1301

Terbitan

Bagian

Articles