Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran IPS Di SDN Kedawong Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1283Kata Kunci:
Role Playing Model, IPSAbstrak
Model Role Playing adalah cara untuk menguasai bahan ajar dengan menumbuhkan imajinasi dan bermain peran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran model Role Playing dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Kedawong Diwek Jombang tahun ajaran 2019/2020 (2) hasil belajar IPS melalui penerapan model Role Playing pada siswa kelas V SDN Kedawong Jombang tahun ajaran 2019/2020 (3) tanggapan siswa setelah dilakukannya pembelajaran model Role Playing dalam pembelajarab IPS siswa kelas V SDN Kedawong Diwek Jombang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Applied Research dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari guru kelas V, Siswa kelas V, dan Kepala Sekolah. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V, objek yang diteliti adalah penerapan model role playing. Berdasarkan hasil penelitian dalam penerapan model role playing pada pertemuan pertama hingga ketiga menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik dan efektif. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa setelah diberikan materi dengan menggunakan model Role Playing hasil belajar siswa mengalami peningkatan disetiap pertemuan.