Hasil Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Menggunakan Model Tgt Pelajaran Bahasa Indonesia

Penulis

  • sri wahyuni universitas Hasyim Asy'ari
  • Udjang Pairin M. Basir Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1281

Kata Kunci:

Ketrampilan membaca

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan keterampilan membaca siswa yang dilaksanakan di SDN Jarak III Wonosalam Jombang belum sepenuhnya pembelajaran membaca siswa tuntas dikarenakan kurangnya pengetahuan guru dalam melakukan sistem pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran, dimana saat pembelajaran berlangsung guru dalam penyampaian pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah serta penugasan,dan fasilitas media yang kurang mendukung saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Aspek yang diteliti terdiri dari aspek perlakuan serta pengamatan dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil keterampilan membaca melalui model Team Games Tournament (TGT) siswa kelas II SDN Jarak III kec. Wonosalam Kab. Jombang. SDN Jarak III merupakan lokasi yang dipilih dalam melakukan penelitian, yang terdiri dari 17 siswa serta masing-masing siswa terdiri dari 8 siswa putra serta 9 siswa putri yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik yang digunakan dalam penelitian meliputi observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Analisis data yang digunkan p meliputi reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pre tes pertama mendapatkan nilai rata-rata 70,2 % hasil rata-rata yang belum memenuhi criteria ketuntasan minimal (KKM) setelah dilakukan pos tes pembelajaran dengan menggunakan model Team Games Tournament (TGT) rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 85,8%, rata-rata tersebut sudah menunjukkan memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ketrampilan membaca dengan model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dlam membaca dikelas II SDN Jarak III Kec. Wonosalam Kab. Jombang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-26

Cara Mengutip

wahyuni, sri, Pairin M. Basir, U., & Yunita Rahma Pratiwi, E. . (2021). Hasil Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Menggunakan Model Tgt Pelajaran Bahasa Indonesia. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(2), 18–24. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1281

Terbitan

Bagian

Articles