Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Siswa Kelas I di SDIT Brilliant Kecamatan Mojoagung

Penulis

  • Faridahtul Alifah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Haris Supratno Universitas Hasyim Asy’ari
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1280

Kata Kunci:

Learning Indonesian, Synthetic Analytical Structural (SAS) method

Abstrak

Permasalahan yang jadi focus dipenelitian saya ialah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Struktur Analitik Sintetic (SAS). Penelitian saya bertujuan menambah wawasan tentang hasil pretest- posttest sebelum dan sesudah menggunakan metode Struktur Analitik Sintetic pada hasil belajaran Bahasa indonesia, Juga untuk menambah wawasan siswa tentang metode Struktur Analitik sisntetic pada hasil belajaran Bahasa Indonesia pada murid kelas 1 SDIT Brilliant Mojoagung. Penelitian saya memakai jenis deskriptif kualitatif juga kuantitatif. Subyek dalam penelitian saya ialah pendidik serta murid kelas I SDIT Brilliant Mojoagung Jombang. Penelitian ini di laksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Instrument yang di gunakan dipercobaan saya ialah lembar observasion aktifitas guru juga murid, hasil pembelajaran, wawancaram, tes, serta dokumentasion. Hasil percobaan ini menampilkan bahwa ada pengaruh yang pesat dalam menggunakan Struktur Analitik Sintetic pada hasil belajar ditema 5 subtemam 1 pembelajaran ke 2. Hasil tes menunjukkan bahwa mapel B.Indonesia yang memakai Struktur Analitik Sintetic semakin meningkat dan optimal. Dibuktikan dari hasil nilai siswa pada pre tes yang nilai rata-ratanya 70,2 % pada kelompok cukup, post tes dengan rata-rata 85,8 merupakan kelompok sangatt baik. Menurut data tersebut rata-ratanya yang diperoleh bahwasannya prestasi pembelajaran murid dari sebelum serta setelah memakai metode Struktural Analitik Sintetic terjadi kenaikkan hasil pembelajaran murid dipembelajaran tematik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-26

Cara Mengutip

Alifah, F., Supratno, H., & Dwi Rochmania, D. . (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Siswa Kelas I di SDIT Brilliant Kecamatan Mojoagung. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(2), 33–41. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1280

Terbitan

Bagian

Articles