Efektivitas Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Farihatul Rahmatilah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Haris Supratno Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1274

Kata Kunci:

Learning, Storytelling Skills, Hand Doll Media

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan di gemari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menggunakan media boneka tangan (2) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media boneka tangan (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menekankan perhatian pada “prosesâ€, sedangkan penelitian kuantitatif adalah untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran keterampilan bercerita siswa. Sumber data yang di peroleh berasal dari guru, siswa, daftar nama siswa, hasil penilaian sebelum pelaksanaan penelitian, identitas guru kelas, profil sekolah, RPP, silabus, dan buku Tema. Subjek yang diteliti adalah guru dan siswa, objek yang diteliti adalah media boneka tangan. Hasil penelitian media pembelajaran boneka tangan pada pertemuan pertama hingga pertemuan kedua menunjukkan pembelajaran berjalan dengan efektif dan sesuai perencanaan guru. Hasil angket respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa digunakannya media boneka tangan mendapat respon baik dari siswa dengan nilai rata-rata 94,9%. Data hasil belajar dari nilai pre-test pada pembelajaran I memperoleh rata-rata 61,62. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran (post-test) adalah 78,10. Perbandingan nilai rata-rata yang didapatkan siswa pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan 16,48. Data hasil belajar dari nilai post-test pada pembelajaran II adalah 80. Perbandingan nilai rata-rata pertemuan pertama dan kedua yang didapatkan, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 1,9. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, media boneka tangan dapat dijadikan sumber belajar yang tepat pada pembelajaran keterampilan bercerita di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-26

Cara Mengutip

Rahmatilah, F., Supratno, H., & Asmarani, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(2), 60–66. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i2.1274

Terbitan

Bagian

Articles