PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1108Kata Kunci:
Hasil Belajar keterampilan menulis, Model picture and picture.Abstrak
Kegiatan pembelajaran yang tercapai mempengaruhi tingkat pemahaman siswa yang berimbas pada hasil belajarnya, khususnya pada keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hasil sebelum dan sesudah penggunaan model picture and picture dan adanya pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan menulis cerita narasi pada kelas II SDN Ceweng. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes serta dokumentasi. Jenis pendekatan yang digunakan ialah eksperiment yang pre-eksperimental designs dengan desain one-group pretest-posttest design. Teknik analisis data meliputi : (1) Uji normalitas dan (2) Uji Hipotesis atau Uji T. hasil dari penelitian ini bisa dilihat dari hasil perhitungan pada table paired samples test menunjukkan Jika nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan H1 di terima. Berdasarkan analisis di atas bahwa di dapatkan hasil thitung =21,772 serta df = 35 sedangkan ttabel = 2,04. Menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis Ho di terima dan H1 ditolak. Dengan signifikasi 2 tailed 0.000 < 0.05. Berartii bersignifikasi kuat dan terdapat pengaruh yang signifikanterhadap hasil belajar siwa.