PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3

Penulis

  • Miftahul Nur’aini Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Kamidjan Kamidjan Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1107

Kata Kunci:

pendidikan karakter, media papan prestasi

Abstrak

Pendidikan dan sekolah yang diharapkan mampu membuat siswa berkelakuan baik dan pandai dalam pembelajaran nyatanya hanya berfokus pada pengembangan pengetahuan kognitif siswanya saja tanpa mampu mengatasi perkembangan moral peserta didiknya, ini dibuktikaan dengan banyaknya pemberitaan tentang kenakalan remaja yang terjadi di Indonesia. Dari permasalahan tersebut mulailah dilaksanakan pendidikan karakter sesuai UU SISDIKNAS tahun 2003. Mengingat begitu minimnya karakter anak bangsa, maka tugas dan tanggung jawab guru adalah menanaman nilai-nilai karakter sejak dini ke dalam berbagai kegiatan di sekolah. Pembelajaran yang baik harus didukung dengan beberapa aspek yaitu guru yang profesional, adanya sumber belajar, dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Tujuannya untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penanaman pendidikan karakter menggunakan media papan prestasi dalam pembelajaran tematik kelas 3 di SDN Cukir 1. Pemanfaatan media papan prestasi sebagai media penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik dapat diterapkan melalui langkah-langkah berikut: menjelaskan pengertian dan tujuan pendidikan karakter, mengenalkan 18 nilai karakter, mencari contoh perilaku yang mencerminkan setiap nilai dan mengenalkan media papan prestasi dan cara bermainnya. Media papan prestasi memberikan dampak yang positif, seperti meringankan tugas guru, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, nilai-nilai karakter lebih mengena dalam diri siswa, lebih mudah dipahami, dan diterapkan dalam kehidupan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Nur’aini, M. ., Kamidjan, K., & Raharja, H. F. (2020). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 115–122. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1107

Terbitan

Bagian

Articles