PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Penulis

  • Dian Ratna Sari Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Kamidjan Kamidjan Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1106

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Scrapbook, Motivasi, Hasil Belajar

Abstrak

Model pembelajaran discovery learning merupakan model yang efektif untuk memajukan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memafhumi pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis media scrapbook 3D pada materi bangun ruang terhadap motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Munungkerep II Kabuh. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang difungsikan adalah posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Munungkerep kabuh jombang dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik analisis data yang difungsikan yaitu uji validitas, uji normalitas, dan uji varian multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis media scrapbook 3D pada materi bangun ruang berpengaruh terhadap motivasi siswa kelas berdasarkan nilai signifikan 0,193 ≥ 0,05, (2) Penerapan model pembelajaran discovery learning brbasis media scrapbook 3D pada materi bangun ruang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas berdasarkan nilai signifikan 0,246 ≥ 0,05, dan (3) Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media scrapbook 3D pada materi bangun ruang berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas berdasarkan nilai signifikan 0,433 ≥ 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Sari, D. R. ., Kamidjan, K., & Raharja, H. F. . (2020). PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 108–114. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1106

Terbitan

Bagian

Articles