IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS V SDN CEWENG JOMBANG

Penulis

  • Dyah Ayu Lestari Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Udjang Pairin M. Basir Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1104

Kata Kunci:

pendekatan open-ended, pemecahan masalah

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika baik sebelum atau sesudah diterapkannya pendekatan open-ended serta respon siswa selama pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, tes angket, dan dokumentasi. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, teknik statistik digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilihat dengan hasil pretest dan posttest kemampuan siswa. Kemampuan siswa menunjukkan perbedaan rata-rata antara nilai pretes dan posttest sebesar 36,71 dan 80,81 serta Fhitung sebesar 122,927. Jadi kesimpulannya yaitu kemampuan pemecahan masalah peserta didik memiliki perbedaan yang signifikan dan cenderung meningkat. Serta respon sangat positif ditunjukkan peserta didik dengan presentase sebesar 84,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Lestari, D. A. ., Basir, U. P. M. ., & Susilo, C. Z. . (2020). IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS V SDN CEWENG JOMBANG. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 92–100. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1104

Terbitan

Bagian

Articles