IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS V SDN CEWENG JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1104Kata Kunci:
pendekatan open-ended, pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika baik sebelum atau sesudah diterapkannya pendekatan open-ended serta respon siswa selama pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, tes angket, dan dokumentasi. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, teknik statistik digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilihat dengan hasil pretest dan posttest kemampuan siswa. Kemampuan siswa menunjukkan perbedaan rata-rata antara nilai pretes dan posttest sebesar 36,71 dan 80,81 serta Fhitung sebesar 122,927. Jadi kesimpulannya yaitu kemampuan pemecahan masalah peserta didik memiliki perbedaan yang signifikan dan cenderung meningkat. Serta respon sangat positif ditunjukkan peserta didik dengan presentase sebesar 84,3%.