EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS APLIKASI QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Khusnul Khotimah Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Kamidjan Kamidjan Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Heru Wiyadi Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1102

Kata Kunci:

Media Flashcard Berbasis Aplikasi Quizlet, Hasil Belajar

Abstrak

Permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah kondisi belajar siswa yang pasif dikarenakan guru menjelaskan materi menggunakan gaya lama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media flashcard berbasis quizlet terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar pada materi pakaian adat di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu 32 siswa kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil analisis data menggunakan rumus uji-t. Siswa diberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media flashcard berbasis quizlet, dari hasil uji pretest dan posttest yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata pretest 50.88 dan rata-rata posttest 79.38. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui thitung> ttabel atau (12,18) > (2,04). Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil peneilitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media flashcard berbasis aplikasi quizlet terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang tahun 2020. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Khotimah, K. ., Kamidjan, K., & Wiyadi, H. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS APLIKASI QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 79–85. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1102

Terbitan

Bagian

Articles