PENGARUH MODEL TTW BERBANTU MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1098Kata Kunci:
model think talk write, media konkret, pembelajaran tematik.Abstrak
Permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan model TTW berbantu media konkrit dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pretest dan posttest pada pembelajaran menggunakan model TTW berbantu media konkret pada kelompok eksperiment dan hasil pretest dan posttest tanpa menerapkan model TTW berbantu media konkret, serta dapat memberian gambaran tentang pengaruh penggunaan model TTW berbantu media konkret terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas V SDN 3 Craken. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan nonequevalen control group design dengan teknik analisis kompratif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis, yang mana soal pretest -posttest merupakan soal serupa yang di buat peneliti secara mandiri dengan melewati uji validasi likert yang telah dilakukan oleh dosen dan juga guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Tes-T degan uji normalitas dan uji hipotesis. Untuk uji normalitas kelompok eksperimen pretest 0,200<0,375 dan posttest 0,075<0,375, selanjutnya uji normalitas kelompok kontrol pretest 0,200<0,375 dan posttest 0,151<0,375 yang mana dapat disimpulkan kedua data berdistribusi normal. Dan untuk uji hipotesis kelompok eksperimen didapat T hitung 8,437 yang mana skor ini lebih tinggi dari pada T tabel 2,201. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan model think talk write berbantu media konkret ada perbedaan.