PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN PUCANGSIMO I
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1094Kata Kunci:
Puzzle, Matematika, PecahanAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang tidak menggunakan media pembelajaran saat proses belajar mengajar dan siswa merasa kesulitan dalam mengingat dan memahami materi pecahan sehingga banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pre-Test Post-Test yaitu yang hanya melibatkan satu kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle pada siswa kelas III SDN Pucangsimo 1. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 49 anak. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan dengan interval waktu 1 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pretest (tanpa menggunakan media) ada 30 siswa yang berada pada kategori tidak tuntas, ada 10 siswa yang berada pada kategori tuntas atau mencapai nilai KKM dan ada 9 siswa yang nilainya diatas KKM. Adapun rata-rata hasil belajar siswa saat pretest mencapai 68 secara klasikan belum memenuhi KKM, sedangkan pada kegiatan post-test terdapat 35 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan rata-rata 83. Pengaruh pembelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas III SDN Pucangsimo 1 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis (H1) dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, bahwa variable penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle dalam proses pembelajaran berlangsung.