PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Dicky Eka Kurnia Setiawan Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Udjang Pairin M. Basir Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1091

Kata Kunci:

hasil belajar, penelitian pustaka, model pembelajaran role playing.

Abstrak

Sekarang banyak guru yang jarang memakai model pembelajaran role playing. Model pembelajaran ceramah sering digunakan oleh guru pada setiap menyampaikam materi kepada siswa. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah model pembelajaran role playing bisa meningkatkan nilai belajar pada siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan apakah mempunyai pengaruh pada hasil belajar siswa tersebut, itu adalah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menngunakan teknik penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Beberapa jurnal dan skripsi terdahulu adalah sumber data dari penelitian ini. Metode Content Analysis merupakan teknik analisis data di penelitian. Rata – rata nilai siswa dari dua belas artikel dan skripsi adalah 57. Kemudian setelah diberi perlakuan model pembelajaran role playing rata – rata nilai siswa dari dua belas artikel dan skripsi meningkat sekitar 19 % menjadi 76. Dari data tersebut dapat dikatakan model pembelajaran role playing bisa meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Setiawan, D. E. K. ., Basir, U. P. M. ., & Susilo, C. Z. . (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1091

Terbitan

Bagian

Articles