PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI KESONGO II
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7935Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Media Tangga PintarAbstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi. Model ini digunakan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SD Negeri Kesongo II. Teknik analisi data dengan menggunakan catatan lapangan, angket validator dan angket respon siswa. Kevalidan media pembelajaran tangga pintar dikatakan valid dengan presentase 96,66%, begitu juga dengan kevalidan materi dengan presentase 97%. Pada proses implementasi media pembelajaran ini dilakukan di SD Negeri Kesongo II terutama pada kelas II. Implementasi ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu skala kecil dan skala besar. Uji coba skala kecil diterapkan pada 5 siswa dengan pemilihan secara random, kemudian uji coba skala besar diterapkan pada seluruh siswa kelas II. Dengan demikian mplementasi media pembelajaran Tangga Pintar mendapatkan nilai 96,5% dengan kriteria sangat baik diterapkan pada pembelajaran Matematika. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tangga pintar dapat diterima dengan baik dan di terapkan pada materi penjumlahan dan pengurangan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Diah Ayu Sri Wahyuni, Hawwin Fitra Raharja, Desty Dwi Rochmania

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.