PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI KESONGO II

Penulis

  • Diah Ayu Sri Wahyuni Universitas Hasyim Asy’ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7935

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Media Tangga Pintar

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi. Model ini digunakan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SD Negeri Kesongo II. Teknik analisi data dengan menggunakan catatan lapangan, angket validator dan angket respon siswa. Kevalidan media pembelajaran tangga pintar dikatakan valid dengan presentase 96,66%, begitu juga dengan kevalidan materi dengan presentase 97%. Pada proses implementasi media pembelajaran ini dilakukan di SD Negeri Kesongo II  terutama pada kelas II. Implementasi ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu skala kecil dan skala besar. Uji coba skala kecil diterapkan pada 5 siswa dengan pemilihan secara random, kemudian uji coba skala besar diterapkan pada seluruh siswa kelas II. Dengan demikian  mplementasi media pembelajaran Tangga Pintar mendapatkan nilai 96,5% dengan kriteria sangat baik diterapkan pada pembelajaran Matematika. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tangga pintar dapat diterima dengan baik dan di terapkan pada materi penjumlahan dan pengurangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Wahyuni, D. A. S., Raharja, H. F., & Dwi Rochmania, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI KESONGO II. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7935

Terbitan

Bagian

Articles