PENGARUH HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATEMATIKA

Penulis

  • Khusnul Tri Hartanti Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Udjang Pairin M. Basir Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1096

Kata Kunci:

model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, pengaruh model CTL pada matematika.

Abstrak

Banyak siswa yang kesulitan menerima materi pecahan dari guru dikarenakan anak- anak lebih mudah menerima materi melalui lingkungan sekitar seperti buah, roti, kelereng, batu, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil belajar siswa apakah ada pengaruh ketika menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas 4 SDN Jombatan IV Jombang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design, desain yang digunakan adalah one-group pretest -posttest design. Penelitian ini berfokus pada hasil belajar siswa dalam materi pecahan dengan model CTL. Sesuai dengan penelitian, diketahui bahwa lebih dari 90% siswa dapat mencapai nilai KKM. Dalam menguji uji-t jika nilai thitung> ttabel maka hipotesis diterima. Hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa thitung = 5,344219271 dan ttabel = 2,178812827, yang artinya memiliki signifikasi yang kuat menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar. Dalam uji satu pihak, ternyata thitung jatuh di bidang penerimaan Ha, yaitu hasil tes menunjukkan thitung ˃ ttabel sehingga kesimpulannya adalah diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Jadi dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Hartanti, K. T. ., Basir, U. P. M. ., & Susilo, C. Z. . (2020). PENGARUH HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATEMATIKA. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1096

Terbitan

Bagian

Articles