PENGARUH HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1096Kata Kunci:
model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, pengaruh model CTL pada matematika.Abstrak
Banyak siswa yang kesulitan menerima materi pecahan dari guru dikarenakan anak- anak lebih mudah menerima materi melalui lingkungan sekitar seperti buah, roti, kelereng, batu, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil belajar siswa apakah ada pengaruh ketika menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas 4 SDN Jombatan IV Jombang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design, desain yang digunakan adalah one-group pretest -posttest design. Penelitian ini berfokus pada hasil belajar siswa dalam materi pecahan dengan model CTL. Sesuai dengan penelitian, diketahui bahwa lebih dari 90% siswa dapat mencapai nilai KKM. Dalam menguji uji-t jika nilai thitung> ttabel maka hipotesis diterima. Hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa thitung = 5,344219271 dan ttabel = 2,178812827, yang artinya memiliki signifikasi yang kuat menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar. Dalam uji satu pihak, ternyata thitung jatuh di bidang penerimaan Ha, yaitu hasil tes menunjukkan thitung ˃ ttabel sehingga kesimpulannya adalah diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Jadi dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.