The Influence of the Role Playing Model on the Critical Thinking Ability of Class IV Students at SDN Tanjungmas

Authors

  • viki latifah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2879

Keywords:

Pengaruh, Role Playing, Berfikir Kritis

Abstract

Berfikir kritis sangat diperlukan dalam pembelajaran karena dapat mengembangkan pengetahuan secara luas bagi siswa. Kemampuan berfikir kritis dapat di bentuk melalui kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Kemampuan berfikir kritis juga merupakan dasar dalam suatu proses pembelajaran. Model ini bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Model Role Playing bisa digunakan sebagai model pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan tanpa menghilangkan esensi belajar yang berlangsung.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain “one group pre test post testâ€. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa hasil “pre test†sebelum diberikan perlakuan nilai paling rendah yaitu 40 dan nilai tertinggi yaitu 80 dengan nilai ratarata 64,87 sedangkan untuk “post test†setelah diberikan perlakuan nilai paling rendah yaitu 72 dan nilai tertinggi yaitu 100 dengan nilai rata-rata 88,00. â€Jadi, terdapat peningkatan setelah belajar menggunakan model role playing. Dalam hasil tersebut menyatakan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV tingkat SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-21

How to Cite

latifah, viki, & Raharja, H. F. (2022). The Influence of the Role Playing Model on the Critical Thinking Ability of Class IV Students at SDN Tanjungmas. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2879

Issue

Section

Articles