PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Authors

  • Fitriana Nur Suhailah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Hayati Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketuntasan belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dari 10 kelas. Pengambilan data dilakukan di semester 2 di kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experimental design. Desain penelitian adalah posttest-only control design. Instrumen penelitian yaitu instrumen kuantitatif, berupa lembar soal posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa posttest. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan indikator pembelajaran pada kelas kontrol sebesar 76. Sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 89,3. Hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik dengan metode ceramah yang didukung dengan perolehan uji-t yaitu thitung sebesar 4,770  ttabel 2,00. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-03

How to Cite

Fitriana Nur Suhailah, Nur Kuswanti, & Nur Hayati. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.560