PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.560Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketuntasan belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dari 10 kelas. Pengambilan data dilakukan di semester 2 di kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experimental design. Desain penelitian adalah posttest-only control design. Instrumen penelitian yaitu instrumen kuantitatif, berupa lembar soal posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa posttest. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan indikator pembelajaran pada kelas kontrol sebesar 76. Sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 89,3. Hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik dengan metode ceramah yang didukung dengan perolehan uji-t yaitu thitung sebesar 4,770 ttabel 2,00. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).