MONOPOLI IPA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA

Authors

  • Shofroul Lailiyah Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Nur Kuswanti Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Lina Arifah Fitriyah Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1461

Abstract

Pentingnya peran media dalam pembelajaran sehingga untuk tercapai suatu tujuan pembelajaran membutuhkan alat bantu yang dapat mempermudah siswa dalam menerima materi. Media edukatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan suasana menarik dan menyenangkan adalah monopoli..Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran monopoli IPA pada materi Tata Surya. Penelitian ini termasuk jenis pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, & Evaluate). Keterbatasan penelitian ini adalah tahapan Implement tidak bisa dilaksanakan karena pandemi covid-19. Data diperoleh dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa penilaian kelayakan berdasarkan validitas dari ahli media, ahli materi dan guru IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media monopoli IPA pada materi Tata Surya dinyatakan validitas. Aspek validitas ditunjukkan dari hasil validasi monopoli IPA Tata Surya dan mendapat rata-rata skor 3,78 dengan kategori sangat valid.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli IPA, Tata Surya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Shofroul Lailiyah, Nur Kuswanti, & Lina Arifah Fitriyah. (2021). MONOPOLI IPA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 779–786. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1461