PENGARUH MODEL STAD PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH MIRU LAMONGAN

Authors

  • Nindya Pratiwi Putri M Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Nur Hayati Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2519

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemilihan model pembelajaran guru yang kurang bervariasi. Guru menganggap bahwa model konvensional merupakan model pembelajaran tercepat dalam menyelesaikan materi sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh t hitung sebesar 2,532 dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, ada pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan khususnya materi pemanasan global.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model STAD, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-30

How to Cite

Nindya Pratiwi Putri M, & Nur Hayati. (2022). PENGARUH MODEL STAD PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH MIRU LAMONGAN. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 880–886. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2519