PENGARUH MODEL STAD PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH MIRU LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2519Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemilihan model pembelajaran guru yang kurang bervariasi. Guru menganggap bahwa model konvensional merupakan model pembelajaran tercepat dalam menyelesaikan materi sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh t hitung sebesar 2,532 dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, ada pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan khususnya materi pemanasan global.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model STAD, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).