Pembelajaran Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6325Keywords:
kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran STEMAbstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah membekali siswa agar dapat memecahkan masalah. Namun, hasil observasi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih belum maksimal atau tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran berbasis STEM dalam melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri 2 Kota Semarang yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tiga jenis lembar kerja siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM pada materi statistika dilaksanakan melalui tahap ask, imagine, plan, create, dan improve dengan mengintegrasikan setiap aspek science, technology, engineering dan mathematics ke dalam proses pembelajaran. Siswa disajikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari atau dunia nyata yang relevan kemudian melalui tahap ask siswa mengidentifikasi masalah. Tahap imagine siswa memikirkan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah berdasarkan konsep dan pada tahap plan siswa membuat rancangan penyelesaian agar solusi yang dipilih dapat digunakan. Pada tahap create siswa melaksanakan penyelesaian masalah berdasarkan rancangan yang dibuat dan di tahap akhir yaitu improve siswa membuat kesimpulan atas hasil yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 80,86% yang dikategorikan baik.
Downloads
References
Abdullah, N. M., Basir, M. A., & Kusmaryono, I. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Google Classroom dalam Materi Bentuk Pangkat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2) “Belajar Dan Pembelajaran Matematika Di Era Digital,” 2(Januari), 185–193.
Chen, L., Yoshimatsu, N., Goda, Y., Okubo, F., Taniguchi, Y., Oi, M., Konomi, S., Shimada, A., Ogata, H., & Yamada, M. (2019). Direction of Collaborative Problem Solving-Based STEM Learning by Learning Analytics Aapproach. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0119-y
Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Dalam Pembelajaran Matematika Di Smk Pada Jurusan Bisnis Konstruksi Dan Properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
González‐salamanca, J. C., Agudelo, O. L., & Salinas, J. (2020). Key competences, education for sustainable development and strategies for the development of 21st century skills. A systematic literature review. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–17. https://doi.org/10.3390/su122410366
Indarwati, I. I., Syamsurijal, S. S., & Firdaus, F. F. (2021). Implementasi Pendekatan Stem Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Meningktakan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Baras Mamuju Utara. Jurnal MediaTIK, 4(1), 23. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19725
Kusmaryono, I., Basir, M. A., & Saputro, B. A. (2020). Ontological Misconception in Mathematics Teaching in Elementary Schools. Infinity Journal, 9(1), 15–30. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p15-30
Lathiifah, I. J., & Kurniasi, E. R. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran SPLDV Berbasis STEM. 04(02), 1273–1281.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., & Chitta, F. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidkan, 12(1).
Meisy, M. S. M., Tri Aniah, & Siti Salamah. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Penyajian Data Kelas Ix Smp Sungai Raya. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 91–99. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2515
Mekala, S., Harishree, C., & Geetha, R. (2020). Fostering 21st Century Skills of The Students of Engineering and Technology. Journal of Engineering Education Transformations, 34(2), 75–88. https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v34i2/150740
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.
Mutmainah, S. U., Permata, A. D., Kultsum, U. W., & Prihantin, P. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 443. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54831
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819
Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Puspa, S., Riyadi, R., & Subanti, S. (2019). Profile of Mathematical Communication Skills Junior High School Students in Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032125
Safianti, S., Shoffa, S., & Suprapti, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 111–123. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2530
Sudarsono, Kartono, Mulyono, & Mariani, S. (2022). The Effect of STEM Model Based on Bima’s Local Cultural on Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 15(2), 83–96. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1525a
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Medi Dwi Utari, Imam Kusmaryono, Mochamad Abdul Basir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.