Pembelajaran Berbasis Projek Melalui Geomath Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa

Authors

  • Fatchul Huda Universitas Islam Sultan Agung
  • Nila Ubaidah Nila Ubaidah Universitas Islam Sultan Agung
  • Imam Kusmaryono Imam Kusmaryono Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6385

Keywords:

geometri bangun ruang, kemampuan berpikir komputasional matematis, projek Geomath Scratch

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah membekali siswa agar dapat memecahkan masalah. Namun, hasil observasi menunjukkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa masih belum maksimal atau tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran melalui projek Geomath berbantuan Scratch dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kelas XI MIPA- 4 SMA Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang dalam materi Geometri bangun ruang. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-34 SMA Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon siswa dan soal pre-test maupun post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir komputasional matematis dalam menyelesaikan soal materi Geometri Bangun Ruang. Peningkatan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa diukur menggunakan soal pre-test dan soal post-test. Nilai rata-rata pretest 80,16 dan rata-rata posttest 90,65 sehingga selisih nilai rata rata hasil yang didapatkan adalah 10,49.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashari, N. W., Ikram, M., & Dani, I. L. S. (2022). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Determining Plane Figure Properties. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i1.1336

Brennan B, K. A., Karen Brennan, A. A., Resnick, M., & Maes, P. (2003). best of both worlds: issues of structure and agency in computational creation, in and out of school. In Computer Science and Mathematics.

Chaya, H. (2023). Investigating Teachers’ Perceptions of STEM Education in Private Elementary Schools in Abu Dhabi. Journal of Education and Learning, 12(2), 60. https://doi.org/10.5539/jel.v12n2p60

Ching Chang, Y.-L. C. C.-K. C. (2017). Experimental Functionality Development for Scratch Mathematical and Statistics Extensions. International Conference on Supercomputing.

Cikka, H., & Iksan Kahar, M. (2021). strategi guru dalam meningkatkan interaksi dan minat belajar terhadap keberhasilan peserta didik dalam menghadapi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid 19. 4(2), 9–18.

Direktorat SMP. (2023, June 8). Teknologi yang akan Mengubah Kehidupan Manusia. https://Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id/Mengenal-Artificial-Intelligence-Teknologi- Yang-

Akan-Mengubah-Kehidupan-Manusia/.ecosystem2018. (n.d.).

Eive dos S. Silva, D., De Oliveira Sousa, A., R. Oliveira, M., Corrêa Sobrinho, M.,Todt, E., & Malveira C. Valentim, N. (2021). Education 4.0: Robotics Projects to Encourage 21st Century Skills. RENOTE, 18(2), 450–459. https://doi.org/10.22456/1679-1916.110285

Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari, P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). 04(1), 30–41.

Jumad, J. (2021). implementasi kebijakan penerapan sistem kredit semester di sma negeri 1 lawang. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.493

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500–1507. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

Messias, G., Rodrigues, U., Braga, L., Nakamura, W., Ferreira, B., Paiva, A., & Valentim, N. (2018). Education 4.0 and 21st Century Skills: A Case Study with Robotics Activities in Classroom. Anais Do XXIX Simpósio Brasileiro de Informática Na Educação (SBIE 2018), 1, 715. https://doi.org/10.5753/cbie.sbie.2018.715

Mohaghegh, M., & Mccauley, M. (2016). Computational Thinking: The Skill Set of the 21st Century. https://www.researchgate.net/publication/303792583

Rahma Nur Fitriana, A., Rakhmawati, A., & Waluyo, B. (2020). analisis tindak tutur guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah atas. 8(1).

Rahmawati. (2019, September 11). Hasil TIMSS 2015 Diagnosa Hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian http://Puspendik.Kemendikbud.Go.Id/Seminar/Upload/RahmawatiSeminar%20H as il%20TIMSS % 202015.

Rich, K. M. ; Y. A. S. C. V. (2019, April). Computational Thinking, Mathematics, and Science: Elementary Teachers’ Perspectives on Integration. Journal of Technology and Teacher Education.

Sarah, R., Iskandar, F., & Raditya, A. (n.d.). Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 21 Oktober 2017 Surabaya. In Universitas Airlangga.

SintiaDevi,B.,Subali,B.,&Artikel,S.(2021).2021)UnnesPhysicsEducation Journal Terakreditasi SINTA 3 Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UPEJ, 10(2), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Fatchul Huda, Nila Ubaidah, N. U., & Imam Kusmaryono, I. K. (2024). Pembelajaran Berbasis Projek Melalui Geomath Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6385