ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PHYTAGORAS BERDASARKAN TEORI NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.2901Keywords:
Kesalahan, Konsep, Pythagoras, NewmanAbstract
Salah satu aspek yang dinilai dalam pembelajaran matematika ialah pemahaman konsep. Konsep merupakan ide atau pendapat yang terbentuk dengan mempertimbangkan beberapa sifat yang sama dari sekelompok bagian yang serasi. Pythagoras ialah materi matematika yang masih banyak dilakukan kesalahan konsep oleh siswa. Karena itu, perlu melakukan analisis guna meminimalkan terjadinya kesalahan konsep oleh siswa. Tujuan pelaksanaan penelitian ini ialah mengetahui jenis kesalahan konsep pada siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang dalam menyelesaikan soal materi Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian delapan belas siswa kelas VIII B SMP Sunan Ampel Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara dengan instrumen penelitian ialah peneliti, tes, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan jenis kesalahan konsep yang dilakukan siswa kelas VIII B SMP Sunan Ampel Jombang yaitu kesalahan membaca (reading error) persentase 5,6%, kesalahan memahami masalah (comprehension error) persentase 11,2%, kesalahan transformasi masalah (transformation error) persentase 50%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) persentase 16,6%, dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error) persentase 16,6%.
Downloads
References
Adriani, Tifaniar; Suastika, Ketut; Sesanti, R. N. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education, 1(1), 34–39.
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 05(01), 522–532.
Fitriyani, wulan; S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Riset Pendidikan Matematika, 2 (1), 268.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal For Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216.
Pangestu, D. A., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6).
Restuningsih. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Al-Chodidjah Tebuireng Jombang Dalam Pemecahan Masalah Soal Certa Materi Persamaan dan Pertidasamaan Linear Satu Variabel. (Skripsi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang).
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. Jurnal J-PiMat. 1(2), 69-78.
Sa’adah, N., & Faizah, S. (n.d.). Analisis Strategi Siswa Kelas Ix Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. SIGMA, 2(7): 95-104.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 1(1), 115–124.
Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 172–182.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung. Penerbit Alfabeta.
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.