ANALISIS FRAMING KAMPANYE CAPRES 2024 PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB EPISODE 3 BACAPRES BICARA GAGASAN
DOI:
https://doi.org/10.33752/spektra.v4i1.8437Keywords:
Framing Pemberitaan,, Kampanye Politik, Capres 2024, Persepsi PublikAbstract
Struktur pemberitaan framing dari setiap media memiliki karakteristik yang berbeda, terutama dalam konteks pemberitaan kampanye politik pada tahun 2024. Salah satu fokus utama perhatian masyarakat adalah pemilihan calon presiden (capres) yang melibatkan tiga kandidat: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiga capres ini bersaing dengan mengajukan gagasan yang dijanjikan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua permasalahan utama: (1) bagaimana framing yang digunakan channel YouTube Najwa Shihab dalam memengaruhi persepsi masyarakat terhadap isu-isu politik pencapresan 2024, dan (2) bagaimana program Mata Najwa membuat keputusan moral terkait isu-isu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis framing sebagai metode utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur dan alur pertanyaan yang diajukan oleh Najwa Shihab serta pertanyaan dari audiens mengangkat isu-isu terkini yang relevan dengan masyarakat. Pertanyaan-pertanyaan ini diarahkan pada penyelesaian permasalahan utama, seperti korupsi, pendidikan, reformasi Polri, lapangan pekerjaan, dan kebebasan berpendapat. Framing yang digunakan dalam program ini memainkan peran penting dalam memengaruhi opini publik dan membangun narasi politik yang kritis namun konstruktif
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-11-28 (2)
- 2024-11-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Juhan Putra Sabuth Anjabi, anwari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.