Panduan Penulisan

  1. Naskah yang ditulis untuk SPEKTRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi & Dakwah meliputi hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi dan Ilmu Dakwh. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia.
  2. SPEKTRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi & Dakwah tidak menerima naskah melalui email. Naskah harus dikirimkan melalui sistem web. Bagi yang belum pernah registrasi, silahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
  3. Naskah yang dikirimkan berupa file *.doc atau *.docx
  4. Panjang naskah diharapkan tidak melebihi 25 halaman.
  5. Penulisan naskah harus mengikuti aturan yang disediakan dalam template SPEKTRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi & Dakwah. Silahkan download Template SPEKTRA KOMUNIKA : Jurnal Komunikasi & Dakwah pada link ini.
  6. Penulisan naskah disarankan dengan bagian struktur sebagai berikut: Pendahuluan - Metode Penelitian - Hasil dan Pembahasan - Kesimpulan. Teorema yang sudah jelas tidak perlu ditulis, cukup disitasi ketika diperlukan. Bukti atau teori yang belum jelas kebenarannya dimana penulis memperjelas dengan mengembangkannya dapat ditambahkan setelah Pendahuluan.
  7. Sitasi dan daftar pustaka artikel paling tidak 20 atau lebih dan diutamakan 5 tahun terakhir (untuk kasus-kasus tertentu hal ini dapat diabaikan) dan berasal dari jurnal yang bereputasi. Daftar pustaka dari jurnal minimal 80% dari yang ditulis. Dan daftar pustaka yang dituliskan hanya dari hasil sumber referensi yang tertulis dalam artikel.
  8. Saat mengirimkan naskah diwajibkan juga untuk mengirimkan pernyataan etika publikasi. Pernyataan etika publikasi tersebut diharapkan untuk dibaca,  dipatuhi dan ditandatangani sebelum dikirimkan.
  9. Setiap naskah di SPEKTRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi & Dakwah akan direview oleh reviewer dengan sistem Double Blind Peer Review. Semua proses review dilakukan secara online melalui sistem web dan perkembangan dari naskah dapat dipantau oleh penulis melalui sistem web.
  10. Waktu setiap naskah mulai dikirim sampai dengan dinyatakan diterima oleh redaksi tidak akan sama tergantung dari proses review masing-masing naskah. Redaksi tidak bisa menjamin waktu terbit dengan pasti saat naskah baru dikirimkan oleh penulis.
  11. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak dikerjakan oleh redaksi dan/atau dengan melibatkan penulis. Naskah yang sudah terpublikasi dapat dibatalkan pemuatannya oleh redaksi jika diketahui bermasalah.
  12. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.