ANALISIS FRAMING KAMPANYE CAPRES 2024 PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB EPISODE 3 BACAPRES BICARA GAGASAN

Authors

  • Muhammad Juhan Putra Sabuth Anjabi Komunikasi dan Penyiarasn Islam Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • anwari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/spektra.v4i1.8437

Keywords:

Framing Pemberitaan,, Kampanye Politik, Capres 2024, Persepsi Publik

Abstract

Struktur pemberitaan framing dari setiap media memiliki karakteristik yang berbeda, terutama dalam konteks pemberitaan kampanye politik pada tahun 2024. Salah satu fokus utama perhatian masyarakat adalah pemilihan calon presiden (capres) yang melibatkan tiga kandidat: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiga capres ini bersaing dengan mengajukan gagasan yang dijanjikan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua permasalahan utama: (1) bagaimana framing yang digunakan channel YouTube Najwa Shihab dalam memengaruhi persepsi masyarakat terhadap isu-isu politik pencapresan 2024, dan (2) bagaimana program Mata Najwa membuat keputusan moral terkait isu-isu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis framing sebagai metode utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur dan alur pertanyaan yang diajukan oleh Najwa Shihab serta pertanyaan dari audiens mengangkat isu-isu terkini yang relevan dengan masyarakat. Pertanyaan-pertanyaan ini diarahkan pada penyelesaian permasalahan utama, seperti korupsi, pendidikan, reformasi Polri, lapangan pekerjaan, dan kebebasan berpendapat. Framing yang digunakan dalam program ini memainkan peran penting dalam memengaruhi opini publik dan membangun narasi politik yang kritis namun konstruktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. Avant Garde, 9(1), 67. https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1257

Andary, R. W., & Lubis, K. (2023). Goverence: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Artikel, 9, 1–5.

Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Junral Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715–1718.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. PT LkiS Group.

Fadlun, M. (2013). Analisis Framing Pemberitaan Isu Pencabulan Oleh Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf Pada Situs Republika.Co.Id Dan Detik.Com [UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41604

Fatin, M. R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI POLITIK (Studi Mengenai Penggunaan Akun Instagram @pinterpolitik terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers ). In PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Vol. 15, Issue 1).

Fauziati, C. (2021). Analisis Framing Pemberitaan Media Daring Tentang Citra Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 (Kompas.Com Dan Detik.Com) Framing Analysis: the Image of Indonesian Government in the Handling of Covid-19 Pandemic in Online News Media (Kompas.Com and Detik.Com). Jurnal Penelitian Komunikasi, 24(2), 207–222. https://doi.org/10.20422/jpk.v24i2.739

Hutabarat, J. M. (2024). Media Sosial Menjadi Strategi Politik Masa Kini. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(1), 204–214. https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2318

Krisdamarjati, Y. A. (2023). Tiga Kriteria Penting Komunikasi Politik Melalui Media Sosial. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/07/07/tiga-kriteria-penting-komunikasi-politik-melalui-media-sosi

Muskita, M., & Muskita, S. M. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. Jurnal Sains, Sosial Dan Humaniora (Jssh), 2(2), 70–75. https://doi.org/10.52046/jssh.v2i2.1511

Mutoharoh Tryas. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Youtube untuk Media Pembelajaran. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 1(November), 97–102.

Muzahid Akbar Hayat, Sjaiful Jayadiningrat, Gunawan Wibisono, & Muhammad Iwu Iyansyah. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 104–114. https://doi.org/10.36418/jist.v2i1.61

Nabillah, L., & Anwari. (2022). Berita Kerumunan Massa Kepulangan Habib Rizieq Shihab (Analisi Framing Kompas Tv Dan Tvone Edisi 09 Sd 10 Nopember 2020). Spektra Komunika, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.33752/.v1i1.2347

Pamungkas, I. (2023). Analisis Framing Robert N. Entman terhadap Kasus Kronologi Penganiayaan Anak di Bawah Umur pada Media Online kompas.com. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 8(2), 69–85. https://doi.org/10.56873/jimk.v8i2.280

Pangeran Siagian, & Mara Untung Ritonga. (2024). Analisis Framing Dalam Pemberitaan Politik Di tvonenews.com. Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(2), 126–139. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i2.96

Putra, I. E. R., & Birowo, M. A. (2020). KONSTRUKSI PEMIMPIN NASIONAL DALAM SURAT KABAR HARIAN KOMPAS [Universitas Atma Jaya Yogyakarta,]. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2). http://e-journal.uajy.ac.id/5325/

Reformansyah, M. A., & Widiarti, P. W. (2023). Analisis framing Robert Entman tentang berita kompas.com dan detik.com tentang kasus “IDI Kacung WHO.” Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(4), 306–314. https://doi.org/10.21831/lektur.v5i4.19180

Sari, S. I. (2015). Analisis Framing Ideologi Politik Jokowi di Media Massa (Studi Kasus Pemberitaan di Metro TV, TV One, dan Kompas TV). EJournal UKWS. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/10106?mode=full

Sobur, A. (2018). Analisis Teks Media : Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Downloads

Published

2024-11-28 — Updated on 2024-11-28

Versions

How to Cite

Anjabi, M. J. P. S., & anwari. (2024). ANALISIS FRAMING KAMPANYE CAPRES 2024 PADA CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB EPISODE 3 BACAPRES BICARA GAGASAN. SPEKTRA KOMUNIKA, 4(1), 36–57. https://doi.org/10.33752/spektra.v4i1.8437