THE TRANSFORMATION OF EDUCATION IN THE ERA OF DISRUPTION: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES TOWARDS THE FUTURE
DOI:
https://doi.org/10.33752/jiep.v3i2.5725Keywords:
digital technology, student involvement, digital inclusivityAbstract
This study explores the transformative impact of digital technology on education, emphasizing two important aspects: increased student engagement through interactive tools and the importance of achieving equitable access and digital inclusivity. Findings reveal that smart boards and educational apps contribute significantly to dynamic and personalized learning experiences, and revolutionize traditional pedagogy. However, challenges remain in ensuring equal access to digital resources, particularly evident in the digital divide. To bridge this gap, comprehensive policies, teacher empowerment and community involvement are needed to create an inclusive digital education ecosystem. These findings underscore the need to view technology not only as an educational tool but also as a means to bridge gaps and create a more equitable and inclusive educational future
Studi ini mengeksplorasi dampak transformatif teknologi digital terhadap pendidikan, dengan menekankan dua aspek penting: peningkatan keterlibatan siswa melalui alat interaktif dan pentingnya mencapai akses yang adil dan inklusivitas digital. Temuan mengungkapkan bahwa papan pintar dan aplikasi pendidikan berkontribusi signifikan terhadap pengalaman belajar yang dinamis dan personal, serta merevolusi pedagogi tradisional. Namun, masih terdapat tantangan dalam memastikan akses yang setara terhadap sumber daya digital, terutama yang terlihat dalam kesenjangan digital. Untuk menjembatani kesenjangan ini diperlukan kebijakan yang komprehensif, pemberdayaan guru, dan keterlibatan masyarakat untuk menciptakan ekosistem pendidikan digital yang inklusif. Temuan ini menggarisbawahi perlunya memandang teknologi tidak hanya sebagai alat pendidikan namun juga sebagai sarana untuk menjembatani kesenjangan dan menciptakan masa depan pendidikan yang lebih adil dan inklusif.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Amin, Habibi, Anis Mudawamah, and Khoirul Umam. "LIVING QUR’ AN: KREATIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’ AN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM." Journal of Islamic Education and Pesantren 2.2 (2022): 101-120.
Alrakhman, Riza. (2022). PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN : TANTANGAN DALAM PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DI ERA DISRUPSI Riza Alrakhman PPKn FKIP Universitas Terbuka PENDAHULUAN Fenomena era digital dalam pembelajaran jarak jauh pendidikan kewarganegaraan membawa p. 14(1), 77–86.
Bakhtiar, Sony. (2019). Kebijakan Pendidikan Kosmopolitan Muhammadiyah Di Tengah Tantangan Era Disrupsi. The Journal of Society & Media, 3(1), 86. https://doi.org/10.26740/jsm.v3n1.p86-104
Cannavaro, Juliano, Asbari, Masduki, & Nurmayanti, Rini. (2024). Transformasi Pendidikan : Memperkuat Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak di Era Disrupsi. 03(03), 1–6.
Datuk, Amirulah, & Arifin, Arifin. (2020). Tantangan Dunia Pendidikan di Nusa Tenggara Timur dalam Menyikapi Era Disrupsi & Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 563–572. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1067
Hartutik. (2021). Penguatan Karakter Siswa Dalam Pemenuhan Pendidikan Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, 2(1). Retrieved from http://badanpenerbit.org/index.php/SEMNASPA/article/view/58%0Ahttps://badanpenerbit.org/index.php/SEMNASPA/article/download/58/51
Herman, Herman. (2021). The Transformation of Educational Management in the Disruption Era. Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(1), 111–122. https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.4216
Lian, B., & Amiruddin, A. (2021). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sdm Berkualitas Di Era Disrupsi Dan Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, (November), 12–15.
Priatna, Tedi. (2019). Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. In UIN Sunan Gunung Djati. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/29541/1/BUKU DISRUPSI PENDIDIKAN 2019.pdf
Ridwan, M. (2020). Pendidikan di Indonesia Menyongsong Era Disrupsi 4.0. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(2), 269–280. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i2.6138
Salsabila, Unik Hanifah, Ilmi, Munaya Ulil, Aisyah, Siti, Nurfadila, Nurfadila, & Saputra, Rio. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Subyantoro, S. (2019). Membangun Pendidikan Bermartabat Melalui Literasi Budaya Di Era Disrupsi. Seminar Nasional Literasi, 1–8.
Syarifuddin, Kukuh, & Jinan, Mutohharun. (2022). Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi Dalam Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas.
Taufiqurrahman, Zaky Fajar, and Habibi Al Amin. "DESAIN PEMBELAJARAN LITERASI KITAB KUNING MELALUI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM." Journal of Syntax Literate 6 (2021).
Ulfah, Ulfah, Supriani, Yuli, & Arifudin, Opan. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Education and Pesantren
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.