TRADISI MEMBACA AL-QUR’AN

Kajian Living Quran Di Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Jombang

Authors

  • Arvin Krisna Zamzami Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in Paculgowang Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3787

Keywords:

Islamic Religious Education Teachers, Culture of Reading Al-Qur'an

Abstract

Education is a part that is very influential for the lives of every individual, with the education of each individual can foster knowledge, shape skills for the individual, advance their capacity and be able to build a figure who is committed, intelligent, and innovative. One of the main aspects that determines the quality of education is the teacher. The teacher holds a meaningful role when advancing the capacity of students even more when reading the Qur'an. Because reading the Qur'an becomes part of the knowledge that should be carried out and occupied by every human being who embraces Islam to realize it as the teachings and basis of life throughout mankind. This research is included in a descriptive qualitative study by analyzing several things related to the culture of reading the Qur'an in the scope of a formal pesantren-based school, namely Tarbiyatunnasyiin Junior High School Paculgowang Jombang. The data received is the result of observation, interviews, and documentation which are then analyzed and drawn conclusions. Based on these studies it was found that the PAI teacher at Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Middle School Improved the quality of students about matters of ubudiyah and its morality, applying 5S (Greetings, Smiles, Greetings, Polite, and Courtesy), Taking roles when there were religious-related events such as isro 'mi 'roj, the prophet's birthday and took the Ummi Foundation Surabaya in the culture of reading the Qur'an and doing tahsin to equalize the reading of fellow teachers to be continued with the students.

Keywords: Islamic Religious Education Teachers, Culture of Reading Al-Qur'an.

 

Abstrak

Pendidikan adalah suatu bagian yang amat berpengaruh bagi kehidupan setiap individu, dengan pendidikan setiap individu bisa menumbuhkan keilmuan, membentuk keterampilan bagi individu itu, memajukan kapasitas diri dan sanggup membangun sosok yang berkomitmen, cerdas, dan inovatif. Salah satu aspek pokok yang menentukan kualitas pendidikan adalah guru. Guru memegang peran berarti tatkala memajukan kapasitas peserta didik lebih-lebih pada saat membaca Al-Qur’an. Karena membaca Al-Qur’an menjadi bagian dari kefardhuan yang semestinya dijalankan serta ditekuni oleh setiap umat manusia yang memeluk agama Islam untuk merealisasinya sebagai ajaran dan dasar hidup seantero umat manusia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis beberapa hal yang terkait dengan budaya membaca Al-Qur’an di lingkup suatu sekolah formal yang berbasis pesantren, yaitu SMP Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Jombang. Data yang diterima adalah dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian di analisis dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa guru PAI di SMP Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Meningkatkan kualitas siswa tentang hal ubudiyah dan moralitasnya, mengaplikasikan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun), Mengambil peranan ketika ada event-event terkait dengan keagamaan seperti isro’ mi’roj, maulid nabi serta menggandeng Ummi Foundation Surabaya dalam budaya membaca Al-Qur’an dan melakukan tahsin untuk menyamakan bacaan sesama guru pengajar untuk di lanjutkan ke para murid.

Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Membaca Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arvin Krisna Zamzami, Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in Paculgowang Jombang, Indonesia

Peneliti

References

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2016).
Kunandar, Guru Profesional. (Jakarta: Rajawali Pers, 2009).
Arifin, M, Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).
Suprihatiningrum, Jamil, Guru Profesional. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).
Uno, Hamzah B., Profesi Kependidikan. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012).
Dalman, Ketrampilan Membaca. (Jakarta: Rajawali Press, 2004).
Hakim, Fikril dan Litho’atillah, Membumikan Al-Qur’an, (Kediri: Lirboyo Press, 2014).

Al Amin, Habibi. "Penciptaan Adam; Mendialogkan TafsiR Marah Labid dengan Teori Keadilan Gender." An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial 1.1 (2014): 17-44.
Al Amin, Habibi. "Tafsir Sufi Lata’ if al-Isyarat." SUHUF 9.1 (2016): 59-77.
Taufiqurrahman, Zaky Fajar, and Habibi Al Amin. "Desain Pembelajaran Literasi Kitab Kuning Melalui Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6.2 (2021): 1467-1474.
Al Amin, Habibi. "Guardians Concept in Qur'an Perspective." Shakhsiyah Burhaniyah: Jurnal Penelitian Hukum Islam 6.1 (2021): 95-114.
Sadiyah, Meidatus, and Habibi Al Amin. "Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Sepuluh Perintah Allah (Telaah Tafsir Surah Al-An’am dan Al-Isra’)." Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.2 (2022): 1-21.

Downloads

Published

2022-09-30