The Influence of Learning Discipline on Students' Learning Outcomes in Class 4 in Mathematics Subject in SD Negeri Jombatan 6 Jombang

Authors

  • Tasya Eka Lestari Universitas Hasyim Asy'ari
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4198

Keywords:

Influence, Learning Discipline, Mathematics

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna untuk mengevaluasi sikap disiplin belajar dalam pendidikan matematika sebagai bentuk untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa. Metode pengumpulan data yang pakai adalah metode kuantitatif. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 sampel. Sampel diambil menggunakan teknik One Group Pretest-Post-test Design. Perangkat lunak SPSS versi 23 dipakai untuk menganalisis data. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa disiplin belajar dan belajar matematikan menunjukkan suatu hubungan. Hal ini ditandai dengan hasil nilai t hitung sebesar -20,237 dengan signifikansi 0,000. Nilai t hitung (-20,237) lebih kecil dari nilai t tabel (-2,093) dan nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak. Analisis Paired Samples Test menunjukkan adanya ketidaksamaan dalam kegiatan pretest dan posttest, seperti yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05. Dilihat dari nilai t hitungnya, nilai hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,093), sehingga hasil akhir yang didapat adalah hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-08

How to Cite

Lestari, T. E., Nuruddin, M. ., & Susilo, C. Z. (2024). The Influence of Learning Discipline on Students’ Learning Outcomes in Class 4 in Mathematics Subject in SD Negeri Jombatan 6 Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 274–280. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4198

Issue

Section

Articles